Optimasi SEO Untuk Blog Penting Kah?

Apa kalian bingung bagaimana cara menulis artikel yang SEO Friendly? Sebenarnya Google yang sekarang sudah lebih pintar.

Jadi Google ini sudah bisa membaca apakah Kata Kunci Atau Keyword SEO yang kamu pakai di Blog berlebihan atau tidak.

kalau kalian menemukan artikel page one, coba simak paragraf 1, 2, dan 3. Apa yang mereka bahas?

Kemungkinan besar Kata Kunci atau Keyword mereka menumpuk menjadi satu paragraf yang rapi. Bahkan orang Awam pun belum tentu tau jika ada keyword disitu. keyword terletak pada 100 kata pertama.

Pembahasan Optimasi SEO untuk pemula di Blog

sebenarnya saya nulis artikel ini karena gabut, dan gak tau apa yang mau ditulis. Karena banyak sesuatu di kehidupan.

nah yang kita bahas disini adalah, Pentingkah Optimasi SEO untuk blog?. Coba kalian pikir sejenak, Apakah penting Optimasi SEO On-page dan Off-page untuk blog?.

Jawaban nya adalah Relatif, kok bisa?. Jadi gini Apabila kamu memiliki sebuah Blog yang memang dibutuhkan atau selalu ramai pengunjung, seperti Niche Pendidikan, Keuangan, dan Berita. Tanpa SEO pun kamu bisa mendapatkan Jutaan Visitor perbulan, bahkan bisa perhari jika rajin.

caranya gimana? Ya caranya adalah men-share Artikel kamu ke berbagai Sosial Media atau lainnya.

berbeda dengan Blog yang saya buat ini memuat berbagai informasi, mulai dari Anime, Berita, Blogging, Informasi, Tutorial, bahkan Traveling. Semua saya garap.

Cara Optimasi SEO On-page

Nah sekarang bagaimana cara Optimasi SEO On-page? Kalian percaya bahwa saya tidak sepenuhnya menerapkan Yang namanya SEO On-page? Silahkan di pahami sendiri.

Tampilan Tema/Template Blog

Faktor Pertama yang mempengaruhi SEO On-page pada sebuah blog atau Website adalah Tema/Template. Kok bisa?  Karena sekarang Google akan menaikkan peringkat Website yang temanya responsive di semua perangkat

Judul Blog

walaupun cuma beberapa persen nyumbang nya. tapi mungkin cukup berpengaruh, saya juga kurang paham apakah judul mempengaruhi SEO pada blog

Domain

Kenapa saya bilang Domain? semakin bagus Ekstensi Domain yang kamu gunakan, semakin mudah kamu Membuat Artikel Page One Google.

Saya kasih contoh simpel aja, Domain My.id tidak recommended untuk Niche blog yang Luas, kenapa? kamu bakal menang lawan subdomain blogspot tapi kalah dengan domain yang ekstensinya lebih baik seperti .com .net .xyz.

Artikel SEO friendly

Buat Artikel SEO Friendly supaya mudah mendapatkan posisi page one google. Sebenarnya ada 1 Artikel di blog ini yang Tanpa SEO dan minim sekali dengan Kata tetapi masuk Page One. Gak percaya? silahkan Cek “Tab Harmonika”

dari situ saya mulai menyadari bahwa google tidak terlalu mementingkan Seberapa banyak Keyword SEO yang kamu pakai, tetapi seberapa Valid informasi yang ada di blogmu.

Buat artikel yang mudah dibaca oleh manusia bukan oleh robot google. dan jangan Copy Paste :).

Buat Judul SEO

kalau kamu adalah seorang pemula. Buatlah Judul Artikel yang SEO, kenapa? karena kamu bakal kalah sama website besar yang sudah mendominasi keyword. nanti ketika milikmu sudah dikenal banyak orang barulah kreasikan.

Meta Deskripsi

Meta Deskripsi bisa kamu aktif kan di bagian pengaturan pada Blogspot. tetapi jika kamu pengguna WordPress gunakan Plugin Yoast SEO untuk mempermudah.

Sekarang sudah tidak terlalu berpengaruh karena Google terkadang mengutip dari Artikel kita untuk ditampilkan.

Slug

Slug itu apa? Slug itu adalah Link yang ada pada artikel kamu, Misal contoh pada artikel ini kamu akan melihat Link Akhiran yaitu Optimasi-seo-blog. ya intinya mengandung keyword yang sudah kamu targetkan.

Internal Link dan Eksternal Link

sebenarnya ke dua link ini juga relatif dan terserah kamu mau kasih atau enggak, Gunanya simpel.

kalau kamu membuat sebuah artikel di blog baru tanpa menggunakan outbond atau eksternal link mungkin google akan menandai bahwa informasi mu belum valid.

dan guna dari Internal link sendiri adalah mempermudah crawl google pada setiap halaman yang kamu miliki, semakin banyak yang terindex semakin bagus,

Selain itu akan menyatukan seluruh artikel yang berkaitan sehingga memudahkan Navigasi pada blog mu.

Gambar

Sudah jelas ini adalah faktor utama dari setiap Kecepatan akses website, Kenapa demikian? karena setiap gambar yang kamu miliki jika berukuran besar akan memperlambat loading halaman, Tetapi kita dituntut untuk memberikan gambar terbaik dengan kualitas terendah tanpa merusak gambar, dan juga jangan lupa untuk Memasukkan Keyword pada ALT Gambar.

Kecepatan Website

Sudah jelas ini sangat berpengaruh. Gak percaya? coba kamu sendiri ketika mengunjungi atau membaca artikel di sebuah blog tetapi loadingnya tak kunjung selesai, Apa yang kamu lakukan? Refresh terus atau cari yang lain? saya anggap kamu pilih cari yang lain.

Dan seperti di atas tadi faktor gambar dan tema pada sebuah blog juga mempengaruhi kecepatan Website.

dan juga gak banyak orang yang mau membaca tulisan beratus-ratus atau bahkan ribuan kata tanpa gambar.

Kecuali pelajaran PPKN :v.

Kesimpulan Optimasi SEO On Page

Kalau menurut saya sendiri itu adalah Faktor penting SEO On-page yang di lakukan tetapi saya hanya menerapkan beberapa dari 10 cara optimasi SEO On Page untuk blog, dan buktinya blog ini bisa mendapatkan peringkat di google dengan persaingan kata kunci yang cukup sedang.

Tetapi seperti yang saya bilang memang akan kalah dengan Blog yang Domainnya lebih bagus dan terletak kata kunci pada nama domain itu, Tapi sekarang sudah tidak terlalu penting karena google makin pintar.

Lalu bagaimana dengan SEO Off Page? Saya belum buat artikel nya, Kalau kalian ingin belajar silahkan Baca di sini : http://panduanim.com/category/seo/ 

Mungkin sekian aja karena saya bukan orang yang handal di Bidang SEO cuma tau tau aja wkwk.

kalau kalian suka jangan lupa di share ya. 

Have a nice day and stay classy!

4 Komentar

Komentar ditutup.