Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog?

Berpenghasilan dari blog – Blog menjadi cara yang semakin populer bagi pengusaha untuk bekerja online sementara melakukan hal yang sangat mereka nikmati. Dalam banyak kasus, para blogger mendapatkan keuntungan dengan usaha yang amat sedikit.

Mungkin ada sedikit proyek yang terlibat pada awalnya dengan merancang metode untuk mendapatkan pemasukan dan mempromosikan situs tapi ketika ini didirikan hanya menjaga blog dengan posting reguler mungkin cukup untuk menjaga agar pendapatan tetap mengalir masuk.

Dua metode yang paling populer untuk menghasilkan keuntungan dari blog termasuk metode iklan. Ini termasuk iklan dengan AdSense dan mengamankan iklan independen. Artikel ini akan membahas dua metode iklan dalam sebuah blog.

Menggunakan AdSense untuk Menghasilkan Pendapatan

google adsense

AdSense adalah salah satu cara yang paling populer bagi para Blogger untuk menghasilkan pendapatan dari blog mereka. Metode ini sangat populer karena juga sangat sederhana.

Baca Juga: Ditolak Adsense Terus? Gini Cara Agar Blog Cepat Diterima Google Adsense Terbaru 2021!

AdSense adalah program yang ditawarkan oleh Google di mana para Blogger setuju untuk memiliki iklan di situs web mereka dan akan dikompensasi saat para pengguna mengklik iklan tersebut.

Blogger pun harus membuat blog dan menyampaikan alamat situs web blog, serta beberapa informasi lainnya untuk berpartisipasi di AdSense.

Sekali weblog disetujui, pemilik memberi kode sehingga mereka dapat menyalin dan menempel iklan yang ditampilkan di blog mereka.

Google lalu menyajikan iklan yang sesuai setiap kali blognya diakses. Kapanpun mungkin, iklan yang dilayani pada blog sangat erat kaitannya dengan isi blog karena Google merayapi situs web tersebut menjelang waktu tertentu untuk menentukan iklan mana yang relevan dengan konten blog tersebut.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Hingga Ratusan Juta Rupiah Perbulan!

Pemilik blog memiliki beberapa kemampuan untuk menerapkan batasan pada jenis iklan yang mungkin muncul di blog. Misalnya, pemilik blog dapat menetapkan iklan dewasa untuk tidak muncul di blog dan Google akan menyaringnya.

Cara Iklan di Blog Menghasilkan Pendapatan

cara memulai bisnis

Banyak Blogger menggunakan iklan lewat blog mereka untuk mendapatkan keuntungan. Iklan ini lebih sulit dilakukan ketimbang menggunakan AdSense tapi secara signifikan lebih menguntungkan si Blogger.

Termasuk saya sendiri, Jika kalian melihat di tag Bagian iklan ada beberapa yang pernah saya iklankan disini. Dan ada beberapa banner juga yang sudah saya copot.

Iklan metode ini mirip dengan jenis iklan yang ditargetkan, yang sering dilihat di majalah. Misalnya majalah untuk para orang tua sering menampilkan iklan yang menarik minat orang tua seperti iklan mainan, pakaian atau makanan anak yang populer.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis Dan Menghasilkan Untuk Pemula [Lengkap dan Terbaru]

Demikian pula majalah bagi pelari mungkin akan menampilkan iklan untuk sepatu, pakaian atletik, balapan atau perlengkapan latihan.

Dalam kasus-kasus ini, para pengiklan membayar untuk ruang iklan di majalah tersebut dengan harapan agar penonton majalah tersebut akan tertarik untuk membeli produk atau jasa setelah melihat iklan-iklan tersebut.

Pemilik blog dapat menggunakan jenis iklan ini namun sulit untuk menemukan iklan yang bersedia. Namun, ada beberapa faktor yang membuat pengiklan lebih bersedia untuk membuat iklan muncul di blog.

Faktor Jasa Periklanan Di Blog/Website

Salah satu faktor paling penting bagi para pengiklan adalah jumlah lalu lintas yang diterima blog. Hal ini penting karena para pengiklan yang membayar untuk ruang iklan lebih cenderung untuk berinvestasi di blog yang lalu lintas padat dengan lalu lintas yang sangat sedikit.

Faktor penting lainnya bagi para pengiklan adalah fokus dari blog ini. Iklan lebih cenderung membeli ruang iklan dari sebuah blog yang berisi fokus spesifik untuk tujuan dari iklan.

Seperti contoh-contoh yang tercantum di majalah sebelumnya untuk para orang tua dan pelari, pengiklan ingin beriklan di suatu blog yang sudah mencapai target audiens yang sama.

Bloger yang menggunakan iklan di situs mereka bisa dikompensasi dengan berbagai cara.

Baca Juga: Niche Blog High BPK/CPC Adsense Dan Top Keyword AdSense yang Membayar Teratas Terbaru 2021!)

Beberapa pengiklan mungkin membayar sejumlah biaya bagi iklan tersebut untuk berjalan di situs tersebut selama beberapa set waktu atau untuk sejumlah tampilan halaman.

Ini berarti pengiklan dapat memberikan ruang untuk beberapa hari, minggu atau bulan atau mungkin membeli ruang untuk beberapa kali iklan tersebut dilayani pengunjung situs web.

Alternatifnya mungkin memilih untuk mengkompensasi Blogger berdasarkan berapa kali tindakan spesifik yang terjadi. Ini mungkin termasuk pengguna yang mengklik iklan atau pengguna yang melakukan pembelian setelah mengklik iklan.

Baca Juga: Mau Ngeblog Tapi Bingung Mau Nulis Apa Di Blog?)

Jenis kompensasi yang ditawarkan nantinya harus dilakukan antara penulis blog dan pengiklan terlebih dahulu untuk menentukan cara pembayaran yang adil.