3 Tipe Copywriting Yang Harus Dihindari!

Copywriting – Kamu pasti tau kan istilah yang satu ini? Iya teknik copywriting yang biasanya dipakai waktu jualan online.

Nggak usah jauh-jauh deh coba kamu buka Aplikasi Whatsapp mu, dan lihat adakah teman mu yang memiliki olshop menyebarkan produk via WA?

Kalau ada coba dilihat kata-katanya, Apakah memikat pelanggan atau justru kamu berifikir “ah kok lebay banget si?”

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tipe copywriting yang haram untuk digunakan dan sangat rawan banned oleh medsos.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Penghasilan Dari Blog?

Tipe Copywriting Yang Sebaiknya Kamu Hindari!

Seringkali jika menggunakan teknik copywriting selalu melebih-lebihkan atau heboh yang terkadang justru membuat konsumen kecewa.

Apalagi buat kamu yang sering makai Iklan atau Facebook Ads dan Instagram Ads. Sering banget nih banyak kata-kata yang seharusnya tidak digunakan untuk menghindari pemblokiran iklan mu.

Kenapa begitu? Ya yang ada kamu malah boncos nanggung biaya iklan tanpa dapat klik sama sekali.

Memang Copywriting iklan Facebook dan instagram itu sangat sulit sekali lolos seleksi dan cukup menantang.

Bombastis dikit DITOLAK, Fantastis dikit DITOLAK, Biasa Aja kadang MASIH DITOLAK! Gimana Mau Laku Coba?

Baca Juga: Tips Traveling Aman Saat New Normal!

Berikut ini beberapa tipe copywriting yang sebaiknya kamu hindari, jangan sampai kamu tiru ya supaya gak rugi waktu dan pikiran!

1. Copywriting Yang Berlebihan!

Iya seperti yang saya singgung di atas tadi, Coba untuk menghindari tipe yang berlebihan ini. Kenapa harus dihindari? Alasannya sederhana saja sebenarnya.

Bayangkan kalau kamu adalah seorang Customer atau Pelanggan yang sedang mencari barang melalui Media Sosial.

Kamu akan menemukan berbagai macam jenis Copywriting dari Seller atau Penjual.

Nah dari situ kamu bisa perhatikan teknik yang manakah yang menurutmu terlalu Alay atau berlebihan dan mungkin tidak sesuai fakta ketika barang sampai rumah.

Sebagai contoh, Misalnya seperti ini:

  • Dijamin anda cepat kaya! (Iklan Jimat)
  • Paling ampuh pasti turun 10 KG (Iklan BB biasanya)

Nah yang terlalu overclaim seperti itu sebaiknya kamu hindari supaya Customer mu lebih percaya pada bisnismu! oke lanjut.

2. Copywriting Gimik-Gimik Manja!

Tipe yang satu ini cukup unik bukan? sebenarnya sih tergolong lebay dan menjijikan menurut saya. Mengapa demikian?

Jadi maksud dari “Gimik-gimik manja” itu seperti mengakali atau memanipulasi kata-kata atau teks copywriting pada deskripsi seperti ini:

  • P4st1 turun 10kg
  • C4r4 c3p4t k4y4 t4np4 bnyk g4y4

what the hell bahasa macam apa itu? saya sendiri pernah menjumpai iklan yang seperti ini kalimatnya, Biasanya pinjaman online atau paling sering dapat SMS berhadiah ketikannya seperti itu.

Aneh dan menjijikan!

3. Tipe Yang Normal! Tapi?

Lah min gimana si masa yang normal masih salah? ya nggak salah sih sebenarnya. Tapi gini loh saya jelaskan sedikit dibawah.

Contoh Copywriting yang normal tapi sering kena banned di sosmed seperti Instagram dan Facebook:

  • Jualan Pemutih
  • Jual Pembesar
  • Jualan Pengencang
  • Jual Jasa

Jadi apa yang salah? Enggak ada yang salah sebenarnya cuma Facebook Ads dan Instagram Ads ini ketat sekali, hal seperti itu masih bisa terkena banned langsung sebelum terposting.

Memang cukup sulit untuk menembus ketatnya aturan Facebook Ads.

Tapi jangan khawatir walaupun sulit dan harus dihindari saya juga akan memberikan tips supaya copywriting mu bisa lolos!

Baca Juga: 3 Cara Tercepat untuk Download Video Facebook 2021

Tips lolos di Facebook Ads & Instagram Ads

Walaupun sering terbanned, Masih ada cara yang bisa kamu pakai yaitu teknik Story telling.

Jadi kamu memadukan Copywriting mu itu dengan Story Telling yang akan kamu buat untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

Misalnya contoh seperti ini:

“Dulu saya punya berat badan segini, setelah mengonsumsi makanan ini, saya bisa turun xxx.”

Atau kamu punya kata-kata tersendiri? cobalah untuk merangkai kata supaya mudah memikat calon pelanggan.

Penutup

Mungkin segitu yang bisa saya sampaikan tentang teknik copywriting, saya juga bukan ahlinya, kebetulan mengalami hal seperti ini jadi sharing aja ya.

Sekian pembahasan mengenai tipe copywriting yang harus dihindari untuk beriklan!

kalau kamu punya tambahan jangan lupa komentar!

cheers!

Tinggalkan komentar